Manajemen Proyek dan Resiko


Konsep Manajemen Proyek dan Teknik Informatika

“Proyek dilaksanakan harus sebagai bagian  dari organisasi yang dilayaninya, sehingga harus dipahami lingkungan proyek berjalan,  agar proyek dapat berjalan dengan baik” Setiap proyek merupakan proyek yang unik,  demikian pula lingkungannya
 
Berpikir sistem: pandangan menyeluruh melaksanakan proyek dalam konteks organisasi
Pendekatan Sistem: h o l i s t i k dan pendekatan analitis untuk memecahkan masalah kompleks yang mencakup : filosofi sistem, analisis sistem, dan system manajemen

Definisi Proyek
Usaha/pekerjaan sementara yang dilakukan untuk membuat sebuah produk,servis atau hasil
yang unik [Information Technology Project Management, Kathy Schwalbe]

Proyek adalah usaha t e r k o o r d i n a s i , menggunakan kombinasi manusia, teknik, administrasi dan keuangan, dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik dalam jangka
waktu tertentu. [Managing Information Technology Projects, Graham McLeod &
Derek Smith]
Perbandingan Proyek dengan Kegiatan Operasional


Relasi Proyek & Sistem
System philosophy digunakan oleh top manajemen untuk memahami bagaimana keterkaitan proyek dgn organisasi secara menyeluruh. System analysis digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dengan memanfaatkan pendekatan problem
solving. System management digunakan untuk mengidentifikasi bisnis utama, teknologi dan isu organisasi yang berkaitan dengan setiap proyek dalam rangka mengidentifikasi memuaskan stakeholders dan melakukan yang terbaik bagi organisasi secara menyeluruh.


Studi Kasus

  • Tom Walters, baru saja diangkat sebagai Direktur Teknologi Informasi di sebuah universitas. Selama ini, ia cukup disegani di fakultas tempat ia mengajar.
  • Universitas tempat Tom bekerja adalah universitas dengan 1500 siswa yang sebagian besar (1000 siswa) terdiri dari siswa kelas malam, karena sudah bekerja. Para instruktur juga sudah memanfaatkan internet dan website untuk mendukung kegiatan perkuliahan, tetapi tidak memberikan program “distance learning”. Demikian pula dengan kampus universitas tsb, sudah memanfaatkan teknologi informasi sebatas komputer dan sistem proyeksi.
  • Tom memiliki ide untuk lebih intensif memanfaatkan teknologi informasi dikampusnya. Dan ia ingin mengawali dengan pengadaan laptop bagi hamper seluruh anggota kampus, melalui proses “leasing”. Ia melakukan
  • perencanaan dengan timnya dan merasa proyek ini merupakan proyek yang luar biasa.Di Bulan September, Tom melemparkan idenya pada rekan-rekan di kampus, melalui email namun tidak mendapat respon. Hingga akhirnya pada rapat pleno di bulan Februari Tom menyampaikan idenya secara langsung. Namun ia mendapat penolakan dengan berbagai alasan dari berbagai pihak
 
 
Tiga kegiatan Model untuk Sistem Manajemen

Studi Kasus-Sudut Pandang Bisnis
  • Berapa biaya yang akan ditanggung universitas dengan proyek pengadaan laptop?
  • Berapa biaya yang akan ditanggung siswa?
  • Dukungan apa yang akan diperoleh?
  • Apa pengaruhnya pada pendaftaran siswa yang ingin masuk universitas?

Studi Kasus- Sudut Pandang Organisasi
  • Apakah proyek akan berpengaruh pada semua siswa atau hanya beberapa siswa atau hanya pada beberapa fakultas?
  • Bagaimana proyek ini akan mempengaruhi mahasiswa yg sudah memiliki PC atau lapt
  • Siapa yang akan memberikan training padamahasiswa, staf fakultas dan instruktur?
  • Siapa yang akan menangani administrasi dan melakukan training?
ü   
Studi Kasus -Sudut Pandang Teknologi
  • Sistem operasi apa yang akan digunakan ?
  • Aplikasi apa saja yang akan diinstal pada laptop?
  • Apa spesifikasi dari laptop yang dimaksud?
  • Bagaimana pengaruhnya terhadap LAN dan akses internet yang sudah ada?

Kerangka Organisasi
“Pemahaman akan organisasi (politis,budaya & orang yg menentang proyek) sangat
berpengaruh pada keberhasilan proyek”
Empat jenis kerangka organisasi :
1. Struktural
2. Sumber daya manusia
3. Politis
4. Simbolik

Kerangka Struktural
Kerangka ini menekankan pada struktur organisasi (umum digambarkan dalam
bagan organisasi) Berfokus pada kelompok-kelompok dan tanggung jawabnya
Sangat rasional dan berfokus pada koordinasi dan pengendalian

Kerangka SDM
Kerangka ini berfokus pada keharmonisan antara kebutuhan-kebutuhan organisasi dan
kebutuhan-kebutuhan “orangnya”. Kelemahan kerangka ini adalah rentan
terhadap “konflik kepentingan” pribadi ataukelompok
Kerangka Simbolis
Berfokus pada simbol dan makna. Apa makna dari sebuah peristiwa di dalam
organisasi merupakan hal yang lebih penting dibandingkan apa yang benar benar terjadi.
contoh : bagaimana cara seseorang berpakaian? Biasanya sangat erat kaitannya dengan budaya organisasi tsb

Struktur Organisasi
1.      Struktur organisasi fungsional
2.      Struktur organisasi proyek
3.      Struktur organisasi matriks

Struktur organisasi fungsional

Berbentuk hirarki, manager dari setiap fungsional memiliki staf dengan keahlian khusus seperti bagian rekayasa, manufaktur, IT, SDM,dsb, dan manajer tsb harus memberikan laporan pada CEO
Struktur Organisasi Proyek


Berbentuk hirarki, namun yang memberikan laporan pada CEO adalah manajer program, bukan manajer fungsional

Struktur Organisasi Matriks

Merepresentasi gabungan antara struktur organisasi proyek dan struktur organisasi fungsional. Setiap orang harus memberikan laporan pada manajer fungsional dan satu/lebih manajer proyek. Setiap manajer proyek memiliki staf dengan beraneka keahlian fungsional.

Relasi Struktur Organisasi & Proyek

Budaya Organisasi
Budaya organisasi adalah asumsi, nilai dan tingkah laku bersama yang menjadi
karakteristik fungsi organisasi Karakteristik budaya organisasi yang menguntungkan proyek adalah organisasi yang memiliki kriteria tinggi terhadap rasa kepemilikan, kerja sama, kontrol, reward, punya fokus yang mantap dan mengakomodasi perubahan

Stakeholder Management
“Harus dikelola dengan baik mengingat sebuah organisasi memiliki sumber daya
yang terbatas dan sumber daya ini, akan digunakan bersama oleh top management,
manajer fungsional dan manajer proyek lainnya”

Komitmen Top Management dibutuhkan karena :
  •      PM membutuhkan sumber daya yang memadai untuk mendukung proyeknya.
  •       PM membutuhkan persetujuan top manajemen dalam rangka memenuhi kebutuhan proyek dengan waktu yang terbatas
  •       PM harus bisa bekerja sama dengan berbagai orang dari bagian bagian organisasi
  •       PM membutuhkan penasihat berkaitan dengan isu kepemimpinan dalam organisasi

Komitmen Organisasi terhadap IT dibutuhkan karena IT mendukung proses bisnis dalam organisasi Standar Organisasi dibutuhkan karena perlunya guidelines dalam dokumentasi laporan kemajuan proyek terhadap top manajemen ◊PMO(Project Management Office)

Fase-fase Proyek & Project Life Cycle
Project life cycle adalah himpunan fase-fase proyek, yang menghubungkan awal proyek
dengan akhir proyek Project life cycle mendefinisikan pekerjaan yang harus dilakukan dalam tiap fase, mendefinisikan produk yang harus dihasilkan dalam tiap fase, kapan, siapa yang terlibat dan bagaimana pihak manajemen organisasi akan mengendalikan dan menyetujui hasil pekerjaan dalam tiap fase

Karakteristik Project Life Cycle
Dilakukan secara berurutan Level biaya dan sumber daya yang dibutuhkan
di awal rendah, memuncak dan menurun di akhir proyek Level ketidakpastian dan resiko paling tinggi di awal proyek Keterlibatan stakeholder untuk menentukan
produk akhir dari proyek paling besar di awal proyek, berkaitan dengan biaya perubahan yang makin meningkat di akhir proyek

Tipikal biaya Proyek dan staf level di seluruh siklus hidup proyek


Pengaruh Stakeholders terhadap proyek

Karakteristik Fase dalam Project LifeCycle
 Dapat dibagi menjadi sub fase Akhir dari tiap fase disebut phase exits, phase gates atau kill points, ditandai dengan adanya persetujuan dari pihak manajemen organisasi untuk melanjutkan fase berikutnya, dalam rangka menjaga kemajuan proyek dan kesesuaiannya dengan tujuan organisasi

Typical Sequence of Phases in a Project Life Cycle




Project Life Cycle vs Product Life Cycle

Proyek Teknologi Informasi
Proyek IT sangat beraneka ragam berkaitan dengan ukurannya, kompleksitasnya, produk yang dihasilkan, area aplikasi dan sumber daya yang
Dibutuhkannya Tim Proyek IT, harus memiliki kemampuan yang beraneka ragam dengan keterampilan yang juga beraneka ragam Proyek IT harus terus “berjuang” dengan kemajuan teknologi IT yang berkembang dengan
pesat ◊tetap harus ada orang yang ahli di bidang tertentu di bidang IT

Perbandingan Proyek Non IT dan Proyek IT
Proyek IT seringkali dianggap lebih sulit untuk dikelola mengingat :
  •       Sulit mendefinisikan ruang lingkup sejak awal
  •       Mempengaruhi proses bisnis organisasi
  •      Mempengaruhi strategi bisnis organisasi
  •      Lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan proyek itu dikerjakan
  •      Memiliki resiko lebih tinggi karena perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat


sumber:
wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/36560/Manajemen-Pro-IT.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Perangkat Keras Pada Mikroprosesor 8086 dan 8088

Analisis Tugas